contoh harapan pada manusia


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Dan harapan semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepan nya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, tentu saja masih terdapat berbagai kekurangan dalam makalah ini, oleh karenanya pembaca diharapkan kritik maupun sarannya demi kesempurnaan makalah ini.

Depok, Juni 2016
Novia Nurfatika Sari





DAFTAR ISI


Kata pengantar………………………………………………………………….… 1
Bab I pendahuluan:
Latar belakang………………………………………….………..………….……… 3
Rumusan masalah………………………….………..……………………...……… 3
Tujuan…………………………………………………………………….....…….........      3
Bab II pembahasan:
Pengertian harapan………………………………………………...……….…… 4
Perbedaan harapan dan cita-cita…………………………………..….... 4
Macam bentuk harapan…………………………………....………...…….….. 5
Cara mewujudkan harapan…………………………………......……….…... 5
Contoh harapan manusia……………………………………………………..…            5
Bab III penutup:
Kesimpulan dan saran……………………………………………………..…….. 7
Daftar pustaka………………………………………………………..………....... 7



BAB I
PENDAHULUAN


I.1. Latar Belakang

Setiap manusia pasti memiliki harapan dan setiap manusia mempunyai harapan yang berbeda-beda.Dalam mewujudkan harapan tersebut tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan itu sendiri. Harapan dapat dikatakan atau dapat berarti sesuatu yang diinginkan agar dapat terjadi. Harapan tidak hanya terucap dari mulut saja melainkan juga dengan adanya usaha dan doa, tanpa usaha dan doa pasti harapan terbuang dengan sia-sia. Harapan juga, harus disertai oleh rasa optimis.

I.2. Rumusan Masalah

2.1. Pengertian harapan
2.2. Perbedaan antara harapan dan cita-cita
2.3. Macam-macam bentuk harapan
2.4. Cara mewujudkan harapan

I.3. Tujuan

3.1. Mengerti arti dari harapan
3.2. Mengetahui serta memahami berbagai macam harapan
3.3. Dapat memahami cara mewujudkan harapan



BAB II
PEMBAHASAN

II.1 Pengertian Harapan

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan dapat diartikan sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Yang dapat disimpulkan harapan itu menyangkut permasalahan masa depan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya.
Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang dijadikan sugesti agar terwujud.  Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.
  Beberapa pendapat menyatakan bahwa esensi harapan berbeda dengan "berpikir positif" yang merupakan salah satu cara terapi/proses sistematis dalam psikologi untuk menangkal "pikiran negatif" atau "berpikir pesimis". Kalimat lain "harapan palsu" adalah kondisi dimana harapan dianggap tidak memiliki dasar kuat atau berdasarkan khayalan serta kesempatan harapan tersebut menjadi nyata sangat kecil.


II.2. Perbedaan antara harapan dan cita-cita

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan agar sesuatu terjadi, daat dikatakan kalau harapan menyangkut masa depan.
Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing.
Cita-cita merupakan Impian yang disertai dengan tindakan dan juga di berikan batas waktu. Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang dapat dicapai melalui kerja keras, kreativitas, inovasi, dukungan orang lain dan sebagainya. Dalam bercita-cita sebaiknya jangan terlalu mendetail dan fanatik karena kita bisa dibuat stres dan depresi jika tidak tercapai.


II.3. Macam-macam bentuk harapan

Menurut Abraham Maslow mengkategorikan kebutuhan manusia menjadi lima macam. Lima macam kebutuhan manusia itu merupakan lima harapan manusia. Lima macam harapan itu ialah :
1.      Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (survival).
2.      Harapan untuk memperoleh keamanan (safety).
3.      Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai
4.      Harapan memperoleh status atau untuk diterima atau di akui lingkungan.
5.      Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita (self actualization).

II.4. Cara mewujudkan harapan

Harapan dapat terwujud dengan ada nya usaha, namun sebuah usaha saja tidak lah cukup untuk mewujudkan harapan yang kita inginkan. Cara lain untuk dapat menjadikan harapan kita menjadi nyata adalah berdoa, dengan berdoa kita akan lebih dekat dengan pencipta selain itu juga membuat kita lebih optimis untuk dapat mewujudkan harapan kita.

II.5. Contoh harapan manusia

Seperti yang dibahas sebelum nya, seorang manusia pasti memiliki harapan. Namun ada banyak macam harapan yang biasa atau sering kita temukan dalam kehidupan keseharian. Seperti contoh : 
1. Seseorang berharap menjadi orang kaya
Sebagai seorang manusia, menjadi orang kaya adalah harapan yang selalu diinginkan semua orang. Bahkan untuk menjadi orang kaya banyak cara dapat dilakukan oleh seseorang meskipun cara yang mereka tempuh untuk menjadi kaya tidak baik atau justru merampas hak orang lain, misalnya seperti mencuri atau korupsi.

2. Harapan untuk hidup sehat
Banyak orang bilang kalau sehat itu mahal, dan hal tersebut benar adanya. Jika seseorang sudah sakit, ia akan mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengobati penyakitnya tersebut dan bagi yang sehat pun harus menjaga kesehatan nya agar tidak jatuh sakit terlebih lagi jika mereka memiliki riwayat penyakit keturunan yang tentu membuat seseorang harus hidup sehat agar dapat mengurangi risiko terkena nya penyakit keturunan tersebut.

3. Harapan menjadi orang terkenal
Saat ini semakin maju nya teknologi dan semakin canggih nya alat komunikasi ataupun semakin maju nya fashion membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menunjukkan apa yang mereka miliki agar orang lain dapat melihat nya dan membuat orang tersebut menjadi terkenal karena menjadi bahan perbincangan, misalnya seseorang yang memiliki kemampuan dalam bermusik, ia dapat membuat video saat ia bermain alat musik ataupun bernyanyi agar orang lain melihat nya dan membuat ia menjadi terkenal nanti nya.



BAB III
PENUTUP

III.1. Saran

Dalam hidup, pasti kita memiliki sebuah harapan bahkan sampai kita mati pun kita masih bisa berharap. Harapan tidak hanya lewat sebuah perkataan saja namun juga perlu didukung oleh usaha serta doa yang kita lakukan. Doa yang kita panjatkan kepada pencipta akan membuat kita lebih kuat serta optimis kedepan nya. Dengan harapan kita dapat melihat masa depan yang lebih baik.

III.2. Daftar Pustaka

http://rudyansyah08.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-harapan.html?m=1
https://msriaa10.wordpress.com/2013/11/17/harapan-dalam-kehidupan/





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beton Prestress

lempeng pasifik